MPASI AFIFAH (Edisi 6 Bulan)

MPASI AFIFAH (Edisi 6 Bulan)

Alhamdulillah Afifah berhasil lulus Asi Eksklusif. Sesuai anjuran dari WHO, mulai bulan keenam ini Afifah sudah bisa mulai makan. Hal ini karena ASI saja sudah tidak mencukupi untuk menunjang aktivitasnya yang banyak. Setelah ummi amati juga, pertambahan berat badannya juga tidak terlalu banyak, mungkin karena energinya banyak terkuras untuk geraknya.

Setelah searching-searching di mbah google, akhirnya ummi memutuskan untuk memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang homemade, alias ummi bikin sendiri. Alasannya sih selain lebih hemat, kualitas terjamin (karena yang alami kan lebih baik) juga mudah mendeteksi kalau-kalau ada alergi (karena sepertinya ada bakat alergi, dari abinya…). Jauh-jauh hari sudah disiapkan alat dan bahan-bahan nya..deg-deg an, harap-harap cemas, semoga maem yang pertama nanti berhasil.

Akhirnya hari yang dinanti tiba. Alhamdulillahnya jatuh pas hari minggu, jadi maem pertama yang masuk ke mulut Afifah berasal dari tangan umminya. Pagi-pagi ummi sibuk di dapur, memasak maem Afifah. Menu hari itu adalah bubur beras meras. Ummi sengaja buat encer agar mudah menelannya, dan ditambahi ASI biar tidak asing dengan rasanya. Dan, tanpa gula dan garam loh ya, karena bayi sampai dengan 1 tahun sebaiknya jangan dulu mengkonsumsi gula garam, dikhawatirkan memperberat kerja ginjalnya. Ummi cicipi dulu buburnya, ih aneh, hambar..ga ada rasanya. Tapi, surprise….Alhamdulillah…Afifah ternyata suka, lahap sekali maemnya. Ummi jadi pe de mencoba menu yang lainnya.

Hari-hari berikutnya, ummi makin semangat masak buat Afifah, inilah beberapa bubur yang berhasil ummi buat. Oh ya, masing-masing bubur diuji coba selama 3 hari dulu lho ya, untuk menguji apa ada alergi.

 Makan Berat (Serealia)

Bubur Beras Merah

Bahan   :  Tepung beras merah 2 sdm

Air secukupnya

ASI

Cara memasak :

Masukkan tepung terigu ke dalam panci, beri air kemudian masak hingga mendidih. Setelah matang, matikan apinya. Usahakan jangan terlalu kental, biarkan agak encer. Setelah agak dingin, tambahkan ASI secukupnya.

 

Bubur Beras Putih

Bahan   :  Tepung beras putih 2 sdm

Air secukupnya

ASI

Cara memasak :

Masukkan tepung Beras Putih ke dalam panci, beri air kemudian masak hingga mendidih. Setelah matang, matikan apinya. Usahakan jangan terlalu kental, biarkan agak encer. Setelah agak dingin, tambahkan ASI secukupnya.

 

Bubur Kacang Hijau

Bahan   :  Tepung Kacang Hijau 2 sdm

Air secukupnya

ASI

Nah berhubung di pasaran tidak menemukan tepung kacang hijau, ummi akhirnya membuat sendiri tepungnya.

Caranya :

Kacang hijau direndam air semalam (biar lebih empuk). Buang airnya, jemur atau angin-anginkan. Setelah agak kering  goreng sangan (goreng dalam wajan tanpa minyak), goreng sampai kacang hijaunya benar-benar kering. Nah, setelah kering diblenderlah kacang hijau tadi sampai halus. Trus saring. Siap deh dimasak.

Cara memasak :

Masukkan tepung Kacang Hijau ke dalam panci, beri air kemudian masak hingga mendidih. Setelah matang, matikan apinya. Usahakan jangan terlalu kental, biarkan agak encer. Setelah agak dingin, tambahkan ASI secukupnya.

Iklan

One response to this post.

  1. kreatiiip… jadi pengen punya dede jugaa….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: